Minggu, 24 Maret 2019

Harga Tempe Per Potong

Harga Tempe Per Potong - Perajin masih mempertahankan harga jual tempe. Meski, harga bahan bakunya yakni kedelai mengalami kenaikan.

Sarmadi, perajin tempe di Kampung Tempe, Kelurahan Sunter Jaya, harga besi beton atau harga keramik dan harga cat kayu atau harga borongan bangunan dan harga paku atau harga cat tembok dan harga pipa pvc paralon atau harga tangki air dan harga wiremesh atau harga kanopi Jakarta Utara mengatakan masih menjual tempe dengan harga Rp 5.000 per potong dengan ukuran panjang sekitar 30 cm dengan tebal 10 cm. Keputusan itu ia ambil supaya tidak ditinggalkan pelanggan.

Harga Tempe Per Potong

"Kalau ayam suruh naikkan mau. Kalau harga tempe nggak bisa," kata dia kepada detikFinance di Kampung Tempe Jakarta, Minggu (9/9/2018).

Harga Kedelai Naik Jadi Rp 790 Ribu/Kwintal, Karena Dolar AS Tinggi?

Risikonya, kata dia, keuntungan dari penjualan tempe ini berkurang. Dia menerangkan, produksi tempe di tempatnya menerapkan sistem perorangan. Artinya, meski dalam satu tempat berproduksi tapi setiap orang punya masing-masing kedelai yang diolah jadi tempe. Ada yang memiliki kedelai 30 kg, 50 kg, dan lebih banyak lagi.

Sarmadi menuturkan, biasanya dengan memiliki 50 kg kedelai dan diolah menjadi tempe maka keuntungan yang diperoleh sekitar Rp 300 ribu. Dengan kondisi bahan baku yang naik karena dolar seperti saat ini , keuntungan dari penjualan turun menjadi Rp 200 ribu.

"Kalau habisnya 50 kg kan dihitung, tadinya Rp 300 ribu ya kurang, ya gitu Rp 300 ribu jualannya nggak naik, cuma Rp 200 ribu," ujarnya.

Melihat Produksi Tempe yang Disebut Sandi Setipis ATM

Perajin tempe lain, Hadi mengatakan, untuk biaya produksi kedelai tiap kwintalnya sekitar Rp 1,5 juta. Uang itu digunakan untuk membeli kedelai dengan harga Rp 770 ribu per kwintal, plastik kemasan, ragi, kayu, dan lain-lain.

Dari 1 kwintal itu, penjualan tempe biasanya mencapai Rp 2 juta. Jika dikurangi ongkos produksi, maka keuntungan dari penjualan tempe sekitar Rp 500 ribu.

"Penjualan ada Rp 2 juta, berarti keuntungan Rp 500 ribu," tutupnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar